Jumat, 19 Desember 2008

PROFIL SINGKAT BATAM ADVENTURE CLUB LEARNING CENTRE (BAC LC)

PENDAHULUAN

Ledakan informasi yang bersumber dari berbagai arah dan media telah mengakibatkan sifat informasi yang terhambur (scattered). Kondisi dan sifat informasi ini dengan sangat mudah dapat ditangkap oleh setiap orang di mana saja dan kapan saja. Informasi yang sama dapat menimbulkan persepsi yang berbeda-beda, sesuai dengan latar belakang sikap, pengetahuan dan wawasannya. Akumulasi dari hal inilah yang menyebabkan setiap orang memiliki sikap, pola pikir dan tindakan yang berbeda-beda.

Bagi organisasi, salah satu syarat penting untuk mencapai keberhasilan adalah bila ada dukungan sumberdaya manusia berkualitas yang mampu menyatukan gerak langkah melalui kerjasama yang solid dan sinergis. Tanpa adanya kerjasama yang solid dan sinergis, organisasi tidak dapat tumbuh dan berkembang dan akan runtuh bersama terpaan dinamika bahkan mungkin mengalami stagnansi (kemandegan).

Di lain pihak untuk memperoleh kerjasama yang solid dan sinergis diperlukan landasan awal berupa persamaan persepsi, rasa saling percaya dan tujuan yang sama. Namun demikian karena latar belakang yang berbeda, tidak mudah untuk mencapai hal itu. Oleh karena itu diperlukan kemauan (sikap), pengetahuan dan ketrampilan dalam menyatukan persepsi, membangun rasa saling percaya, mengembangkan tujuan yang sama hingga tercapai kerjasama yang solid dan sinergis.

Outbound Training adalah satu pelatihan yang dimaksudkan untuk membangun semangat kebersamaan dan kekompakan dalam kelompok / team dari satu organisasi, lembaga atau perusahaan.

Sementara “kualitas pelayanan” merupakan hal yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Pelatihan ini berupa pemahaman dari kegiatan yang dilakukan secara outdoor yang dikemas dalam bentuk games dan simulasi yang memiliki makna dan arti tersendiri, baik dari sisi fisik, pemikiran, religiusnya dan ilmu keduniawiannya. Ditambah dengan sajian teoritis yang seimbang, sehingga setiap peserta yang mengikuti training ini akan dapat merasakan arti dari setiap simulasi dan mampu menganalogikan serta menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari di kantor / organisasi.




SEKILAS TENTANG BAC

Untuk menjawab tantangan zaman seperti itulah, Batam Adventure Club Learning Centre (BACLC) yang sudah terbentuk sejak tahun 1999, hadir untuk memenuhi pelatihan-pelatihan outbound tersebut. BACLC yang dalam hal ini bernaung disebuah perusahaan yang bernama CV Petualang Bimantyas sudah melayani lebih dari puluhan organisasi, LSM, perusahaan, instansi dan lain sebagainya. Dan alumninya pun sudah bertebaran dimana-mana, diperkirakan sudah mencapai ribuan alumni outbound.

Disamping adventure atau petualangan, BAC juga memperhatikan pembinaan sumber daya insani dengan melayani pelatihan Manajemen Organisasi, Kepemimpinan, Membentuk Kepercayaan Diri, Communication Skill dan pembentukan pribadi yang memiliki tanggung jawab (responsibility).


TUJUAN DAN MANFAAT

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kemampuan melayani, membangun rasa percaya diri, hubungan antar personal, kerja sama, komunikasi yang efektif serta dapat menghilangkan hambatan personal yang sering terjadi diantara karyawan atau pekerja dalam satu perusahaan. Termasuk juga hubungan dengan atasan (superior).

Bagi perusahaan, dengan meningkatnya kualitas diri SDM yang bekerja, dapat dipastikan akan meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada customer dan secara selaras akan meningkatkan kualitas produk serta kinerja perusahaan.



FASILITATOR

Leader :
- Bowo Susanto (Komisaris)
- Mustira (Direktur BAC)

Fasilitator :
1. Noor Rachman Pribadi,(Direktur Lembaga Pendidikan Bina Insan Cendekia, Batam)
2. Efriyandi Junmaisal,
3. M. Taizir Nasution
4. Afderizon
5. Suhermanto (Pembina LSM kepemudaan)
6. Agung Hani Widodo (Praktisi IT)
7. Sudianto
8. Tri Wahyudi
9. Alfiyandri
10. Joko Utomo

Tidak ada komentar: